Obesitas, 2 Kakak Beradik Perempuan Jalani Operasi Turunkan Berat Badan

Oleh: Fitri Haryanti Harsono

Dua saudara perempuan obesitas di India telah menghabiskan separuh hidup berjuang mengatasi masalah pernapasan dan risiko mati muda. Mereka akhirnya menjalani operasi untuk menurunkan berat badan berkat kebaikan seorang ahli bedah India.

Yogita (8) punya berat badan 58 kg, sedangkan bobot tubuh Amisha (6) 82 kg. Setelah operasi bariatrik–operasi penurunan berat badan–keduanya sudah membaik. Pernapasan kembali lancar.

Sang ayah Rameshbhai Nandwana (36) berasal dari sebuah desa di Gujarat, India barat. Ia sangat senang kedua anaknya dioperasi dan mendapatkan bantuan yang tepat. Kondisi obesitas dua anak perempuan itu pertama kali menjadi pemberitaan internasional pada tahun 2015.

Waktu berusia 5 tahun dan 3 tahun, berat Yogita ditimbang 32 kg, sedangkan berat Amisha 46 kg. Mereka biasa sarapan delapan chapati (roti India) dan enam pisang.

Makan siang dan malam berupa setengah kilogram beras dan tiga mangkuk kari. Mereka juga makan enam bungkus keripik, lima bungkus biskuit, selusin pisang, satu liter susu, dan satu liter minuman berkarbonasi setiap hari.

Rameshbhai, yang menghasilkan gaji hanya Rs 3.000 (£ 35) atau setara Rp679.000 sebulan sebagai buruh biasanya menghabiskan semua uangnya demi memenuhi selera makan anak-anaknya. Kebutuhan makan yang besar pun membuat berat badan anaknya kian naik.

“Saya terkadang dibayar Rs 100 (Rp20.000) sehari. Kadang tidak ada pekerjaan sama sekali. Saya bekerja di ladang, menggali sumur, dan melakukan pekerjaan kasar apa pun yang saya bisa demi mendapatkan uang. Saya tidak bisa membiarkan mereka menangis lapar. Ketika saya tidak punya uang, saya meminjamnya dari saudara dan teman,” kata Rameshbhai, dikutip dari Mail Online, Minggu (22/4/2018).

Dikutip dari: https://www.liputan6.com/health/read/3478461/obesitas-2-kakak-beradik-perempuan-jalani-operasi-turunkan-berat-badan

2018-10-07T15:36:58+00:00

Leave A Comment