Adjustable Gastric Banding (Lap band Surgery) 2018-03-27T06:38:56+00:00

Adjustable Gastric Banding (Lap band Surgery)

Lap band surgery dilakukan dengan jalan melingkarkan dan menjahit gelang (band) silikon dan gelang silastic di bagian atas lambung. Pada permukaan bagian dalam gelang terdapat balon (bayangkan bagian dalam ban sepeda) yang tersambung dengan selang (tube) yang mengarah ke arah celah sebesar uang logam yang terletak di atas otot perut (tapi di bawah kulit). Balon ini akan “diisi” atau “dikososngkan” dengan larutan garam selama selama masa pemulihan sampai ukuran ideal untuk pasien ditemukan.

Karena prosedurnya ini bekerja dengan cara mengecilkan lambung untuk membuat cepat merasa kenyang, ini dikenal sebagai prosedur “restriksi”.
Seluruh prosedur biasanya memakan waktu sekitar satu jam untuk menyelesaikannya, dan prosedurnya bisa dilakukan secara rawat jalan (pasien pulang ke rumah pada hari yang sama) atau rawat inap selama satu malam di rumah sakit.

Lap band surgery memiliki tingkat komplikasi berat yang sangat rendah dan satu-satunya operasi yang telah melewati penelitian dengan baik dan dinyatakan bahwa sifatnya sangat reversibel.

Pasien bisa kehilangan berat badan bervariasi, mulai dari di bawah 25% sampai lebih dari 80%. Namun rata – rata pasien akan kehilangan 50% dari kelebihan berat badan.

Prosedur ini juga memiliki tingkat komplikasi minor yang jauh lebih tinggi dan kejadian reoperasi yang lebih sering jika dibandingkan prosedur lainnya.

Jumlah kunjungan dokter setelah operasi merupakan pertimbangan lain. Pasien bertemu dokter bedah mereka sampai 10 kali atau lebih dalam dua sampai tiga tahun setelah operasi untuk penyesuaian gelang (band).

Penelitian jangka panjang menunjukkan tingkat kegagalan lap band surgery sangat tinggi dan diperlukan operasi ulangan (satu reoperasi pada 3 pasien). Oleh karena itu beberapa dokter bedah memilih untuk tidak lagi melakukan lap band surgery . Namun, operasi Lap Band masih memiliki banyak keunggulan mengingat fakta bahwa : (a) reversibel dan (b) jauh lebih tidak invasif daripada prosedur lainnya.