Gastric Sleeve (Vertical Sleeve Gastrectomy) 2018-03-27T06:43:08+00:00

Gastric Sleeve (Vertical Sleeve Gastrectomy)

Untuk melakukan operasi gastric sleeve, dokter bedah bariatric akan menghilangkan fundus (bagian dari lambung yang terletak di sebelah kiri dan di atas ujung bawah kerongkongan) bersama dengan sebagian besar lambung. Sekitar 10-20% dari sisa lambung yang berbentuk menyerupai pisang tetap terhubung dengan kerongkongan dan terhubung dengan bagian atas usus halus persis seperti kondisi sebelum operasi.

Operasi gastric sleeve belakangan makin bersaing dengan operasi gastric bypass dalam hal popularitas dan banyaknya yang diadopsi oleh dokter bedah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prosedur ini memiliki resiko yang rendah menyerupai prosedur gastric banding dengan kemampuan untuk menurunkan berat badan yang menyerupai gastric bypass.

Dibandingkan dengan gastric bypass, prosedur ini juga nampaknya memiliki resiko yang lebih rendah dalam hal tingkat komplikasi dan kejadian reoperasi (operasi ulangan). Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa prosedur ini mungkin tidak terlalu efektif untuk mengatasi masalah kesehatan yang terkait obesitas seperti diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, hiperkolesterolemia, penyakit refluks gastroesophageal, dan artritis.

Perhatian jangka panjang yang utama dari operasi gastrc sleeve adalah kantong (lambung yang kecil) bisa makin melebar dari waktu ke waktu, namun ada beberapa pilihan operasi minimal invasif yang tersedia untuk mengecilkan ukuran kantong kembali jika diperlukan.