Ringkasan Perbandingan 2018-03-27T10:54:50+00:00

Ringkasan Perbandingan

Situasi individual Anda yang akan menentukan jenis operasi bariatrik yang tepat untuk Anda, namun berikut ini adalah ringkasan secara umum:

Roux-en-Y gastric bypass memiliki tingkat komplikasi yang relatif rendah dibandingkan dengan tingginya tingkat keberhasilan dalam menurunkan berat badan yang berlebih dan perbaikan dari penyakit komorbid yang menyertai secara signifikan. Popularitasnya juga berarti bahwa ada lebih banyak ahli bedah di luar sana dengan prosedur yang memadai untuk meningkatkan kemungkinan mendapat hasil yang baik.

Namun, operasi lap band mungkin pilihan yang lebih baik untuk beberapa kondisi. Ini memiliki risiko komplikasi serius yang lebih rendah, dan bagi mereka yang tidak 100% yakin bahwa mereka siap untuk mengubah tubuh mereka secara permanen. Ini adalah satu-satunya prosedur yang benar-benar dapat dikembalikan (reversibel) Prosedur ini relatif mudah diubah menjadi prosedur yang lebih rumit di kemudian hari.

Sayangnya, operasi lap band memiliki variabilitas yang sangat tinggi dalam menurunkan berat badan jika dibandingkan satu pasien ke pasien yang lain, dan prosedur ini dikaitkan dengan kecilnya angka komplikasi yang menganggu.

Yang paling mengkhawatirkan, operasi lap band jauh lebih besar kemungkinannya memerlukan operasi ulangan dalam jangka panjang akibat dari kegagalan permanen.

Duodenal switch mungkin adalah prosedur yang paling efektif untuk orang yang menderita super – obese. Prosedur ini telah terbukti berhasil (setidaknya mengakibatkan penurunan berat badan yang berlebih sekitar 50%) untuk sekitar 85% pasien setelah 3 tahun.

Prosedur ini juga merupakan prosedur yang paling efektif untuk mengobati masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas. Contohnyan dalam satu penelitian operasi duodenal switch menyembuhkan penderita diabetes 100%.

Jumlah penurunan berat badan setelah DS dalam jangka panjang juga nampak lebih baik dari prosedur yang lain, tapi itu disertai dengan tingkat komplikasi yang tinggi dan harus disertai kepatuhan pemberian vitamin pasca bariatrik yang tinggi mengingat tingkat malabsorpsi yang tinggi.

Operasi gastric sleeve adalah pilihan terbaru dari banyak dokter bedah bariatrik. Prosedur ini lebih mudah untuk dikerjakan jika dibandingkan dengan gastric bypass dan duodenal switch dan memberikan penurunan berat badan yang serupa.

Meski tidak bisa dikembalikan atau mudah disesuaikan seperti operasi lap band, prosedur ini memberikan penurunan berat badan yang besar dan lebih kecil kemungkinan paien menjalani operasi ulangan.

Operasi gastric sleeve tampaknya sedikit lebih aman daripada gastric bypass dalam hal operasi ulangan dan komplikasi, tapi gastric bypass nampaknya memiliki efek yang lebih baik pada masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas terkait obesitas. Mayoritas dokter bedah bariatrik saat ini lebih merekomendasikan operasi gastric sleeve daripada yang prosedur lain.