Tantangan 2018-07-23T07:14:10+00:00

Tantangan

Operasi bariatrik mungkin merupakan alat terbaik untuk membuat Anda lebih bahagia dan sehat, tapi perlu diingat bahwa ini hanya merupakan alat.

Anda yang akan menjadi kunci untuk membuatnya sukses dalam jangka panjang, dan akan ada banyak tantangan sepanjang perjalanannya.

  • Untuk menjaga penurunan berat badan dan perbaikan kesehatan, diet bariatrik dan program latihan pada operasi penurunan berat badan akan membutuhkan komitmen seumur hidup. Jika tidak mematuhi program ini, berat badan akan kembali meningkat.
  • Hasil dari operasi bariatrik tidak akan tampak dalam semalam. Berat badan terendah Anda biasanya tidak akan tercapai dalam 1 sampai 3 tahun.
  • Setelah mencapai titik terendah, Anda mungkin mengalami sedikit kenaikan berat badan kembali.
  • Hubungan dengan keluarga dan teman mungkin berubah karena mereka tidak terbiasa dengan “diri anda yang baru”.
  • Keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat mungkin atau mungkin tidak akan hilang setelah operasi (operasi malabsorptif seperti bypass lambung danduodenal switch cenderung untuk mengurangi nafsu makan lebih dari sekadar prosedur restrictive). Jika anda menyerah pada keinginan, maka akan mengurangi kesempatanuntuk mencapai berat badan sasaran dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi.
  • Kulit tidak akan bisa “mengikuti” penurunan berat badan yang cepat dan dramatis yang terjadi setelah operasi, ini akan membuat kulit tampak longgar. Kulit yang kendur ini dapat menyulitkan ketika berpakaian dan berolahraga, dan bisa menyebabkan ruam atau kerusakan kulit jika tidak diobati. Anda mungkin juga menganggapnya tidak sedap dipandang, Jika hal ini menjadi masalah bagi Anda, berkonsultasilah dengan dokter bedah plastik untuk menghilangkan kulit yang longgar.

Cara untuk tetap kuat dan teguh dalam menjalani semua proses: yang terpenting, adalah tetap berhubungan dengan tim dokter bedah dan secara aktif berpartisipasi dalam kelompok pendukung operasi penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal tersebut secara signifikan meningkatkan peluang keberhasilan dalam jangka panjang.